20 Cara Produktif Menggunakan Waktu Luang Anda

5 minutes break

Apabila Anda memiliki cukup banyak waktu luang, cara terbaik untuk memanfaatkannya adalah dengan bersantai, bersenang-senang, menenangkan diri dari hari yang stress, atau menghabiskan waktu Anda dengan orang yang Anda kasihi. Tetapi bila Anda hanya memiliki waktu luang yang sempit – katakanlah 5 atau10 menit – tentunya tidak ada waktu untuk melakukan hal-hal seperti itu.

Pergunakan waktu-waktu luang yang pendek itu seproduktif mungkin.

Setiap orang bekerja secara berbeda, jadi memanfaatkan waktu luang yang terbaik sungguh tergantung kepada Anda, kepada gaya bekerja Anda, dan apa yang ada dalam daftar kerja Anda. Tetapi adalah mudah memperoleh daftar seperti ini dengan tujuan dengan cepat menemukan cara mempergunakan waktu luang pendek itu dengan segera tanpa banyak berpikir. Gunakanlah daftar berikut untuk memberikan ide cemerlang akan apa yang dapat Anda kerjakan dalam waktu yang singkat.

  • Membaca file. Klip artikel-artikel majalah atau print out artikel-artikel yang baik atau laporan-laporan, simpan dalam sebuah folder dan tandai dengan nama “File Untuk Dibaca.” Bawalah folder ini ke mana saja Anda pergi, dan kapan saja Anda memiliki waktu senggang yang singkat, Anda dapat menemukan artikel-artikel itu dengan mudah dan membacanya. Simpan file-file bacaan di dalam komputer Anda untuk dibaca dengan cepat di atas meja atau di jalan bila Anda menggunakan laptop.
  • Kosongkan inbox. Apakah Anda akan meeting dalam waktu 5 menit lagi? Pergunakan waktu singkat ini dengan mengosongkan inbox email ataupun inbox fisik Anda. Apabila ada begitu banyak di dalam inbox Anda, Anda harus bekerja dengan cepat, dan mungkin Anda tidak dapat menyelesaikan semuanya, namun mengurangi tumpukan tentu telah sangat menolong. Dan memiliki inbox yang kosong tentunya menyenangkan.
  • Menelepon. Simpanlah daftar panggilan telepon yang Anda perlu buat, dengan nomor-nomornya dan bawalah kemanapun Anda pergi. Apakah Anda sedang berada di meja atau jalan, Anda dapat menelepon ke beberapa dalam daftar Anda dalam waktu yang cukup singkat.
  • Menghasilkan uang. Hal ini adalah cara favorit saya menggunakan waktu senggang saya. Saya memiliki sebuah daftar dari artikel yang saya perlu tulis, dan bila saya memiliki waktu senggang beberapa saat, saya akan menyesaikan setengah artikel saya dengan cepat. Jikalau Anda memiliki 5-10 waktu senggang singkat dalam sehari, Anda dapat memperoleh penghasilan sampingan yang layak. Bayangkan bagaimana Anda menjadikan keahlian Anda suatu pekerjaan free lance, dan menyelesaikannya dengan cepat — bagilah menjadi bagian-bagian kecil, sehingga semuanya dapat dikerjakan dalam satu waktu yang singkat.
  • Mem-file. Tidak ada seorangpun menyukai hal ini. Apabila Anda sedang berada di puncak pekerjaan Anda, sebaiknya Anda dengan segera melakukan filing materinya, sehingga tidak akan menumpuk.Tetapi bisa saja sekumpulan dokumen dan file Anda berserakan di mana-mana. Atau mungkin Anda punya selaci besar berisi dokumen/file.
  • Network. Apa Anda hanya punya 2 menit? Kirimkanlah dengan cepat sebuah email ke seorang kolega. Bahkan hanya sebuah email follow up dapat menciptakan keajaiban bagi hubungan kerja Anda.
  • Bersihkan feeds. Bila inbox email saya kosong, dan saya memiliki waktu senggang, saya suka pergi ke Google Reader saya dan membersihkan feed inbox saya .
  • Memikirkan Tujuan Anda. Ambillah waktu 10 menit untuk memikirkan tujuan-tujuan Anda, baik secara pribadi maupun profesional. Jikalau Anda tidak memiliki datar tujuan, mulailah untuk membuatnya. Tuliskanlah daftar langkah penyelesaiannya untuk beberapa minggu berikutnya untuk menjadikan tujuan-tujuan Anda menjadi kenyataan. Langkah penyelesaian apakah yang akan Anda lakukan hari ini? Semakin Anda memfokuskan diri kepada tujuan-tujuan Anda, dan me-review kembali, semakin semuanya akan menjadi kenyataan.
  • Mengupdate keuangan. Banyak orang jatuh di belakang masalah keuangan mereka. Baik dalam membayar tagihan-tagihan (mereka tidak punya waktu). Atau memasuki transaksi dalam software finansial mereka. Atau membersihkan buku check mereka, atau me-review budget mereka. Ambillah waktu beberapa menit untuk mengupdate hal-hal ini. Ini hanya memerlukan waktu 10-15 menit saja.
  • Brainstorm ide-ide Anda. Salah satu hal favorit saya yang lainnya bila saya hanya memiliki 5 menit — saya akan mengeluarkan notebook saku saya dan mulai membuat daftar brainstorming bagi sebuah proyek atau artikel. Apapun yang nantinya bisa muncul dalam pekerjaan atau kehidupan pribadi Anda, hal itu dapat mengambil keuntungan dari melakukan brainstorming. Dan hal ini tidak perlu waktu lama melakukannya..
  • Membersihkan meja. Mirip dengan tips filing di atas, tetapi hal ini berlaku kepada apapun bentuk sampah yang berantakan di atas meja Anda. Atau di atas lantai di sekeliling meja Anda. Barang-barang sampah, file, letakkan semua di tempatnya. Meja yang bersih membuat Anda lebih produktif dan pastilah memuaskan.
  • Berolah raga. Tidak pernah memiliki waktu berolah raga? 10 menit cukup untuk melakukan push up. Lakukan 2-3 kali sehari, dan Anda akan merasa jauh lebih fit.
  • Berjalan-jalan. Ada salah satu bentuk berolah raga yang tidak butuh waktu lama, tetapi dapat dilakukan di mana saja – bahkan lebih penting lagi, hal ini adalah cara yang baik untuk meregangkan kaki Anda dari duduk di belakang meja terlalu lama dan membuat aliran darah lancar. Bila Anda sedang kehabisan ide, berjalan-jalan adalah cara yang baik untuk melancarkannya.
  • Follow up. Simpanlah sebuah daftar follow-up bagi segala sesuatu yang sedang Anda tunggu. Jawaban telepon, email, memo – apapun yang orang lain janjikan atau berhutang kepada Anda, taruhlah dalam daftar. Ketika Anda memiliki waktu senggang 10 menit, lakukan follow up melalui telepon dan email.
  • Meditasi. Anda memerlukan sebuah karpet kecil untuk melakukannya. Pusatkan pada pernafasan Anda. Meditasi singkat selama 5-10 menit (atau tidur sebentar) dapat amat menyegarkan.
  • Penelitian. Bila saya memiliki hanya beberapa menit saja, saya akan melakukan penelitian dengan cepat dan membuat beberapa catatan. Lakukan hal ini beberapa kali, dan saya selesai melakukannya!
  • Outline. Sama dengan melakukan brainstorming, tetapi hal ini lebih formal. Saya senang membuat outline dari sebuah artikel, laporan atau proyek yang rumit, dan hal ini menolong mempercepat semuanya bila sudah mulai menuliskannya. Dan membuat outline hanya butuh beberapa menit saja.
  • Lakukan persiapan. Membuat outline adalah salah satu cara untuk mempersiapkan suatu pekerjaan yang lebih lama, tetapi ada lebih banyak cara untuk melakukan persiapan bagi tugas berikutnya di dalam daftar Anda. Anda bisa saja tidak memiliki waktu untuk benar-benar menyiapkan tugas Anda sekarang juga, tetapi sekembali dari meeting atau makan siang, sebaiknya Anda sudah melakukan persiapan dan siap melangkah.
  • Selalu lebih awal. Memiliki sedikit waktu senggang sebelum meeting? Datanglah lebih awal sebelum mulai meeting. Memang tidak menyenangkan datang terlebih dulu dan belum ada siapapun yang hadir, tetapi sebenarnya orang menghargai mereka yang muncul lebih awal. Hal ini lebih baik daripada terlambat.
  • Catatan harian. Bila Anda menyimpan catatan harian atas segala sesuatu, menyisihkan beberapa menit adalah waktu yang tepat untuk mengupdate catatan harian Anda. Sebenarnya waktu yang tepat untuk mengupdate catatan harian Anda adalah setelah Anda melakukan aktivitas (berolah raga, makan), tetapi jikalau Anda tidak memiliki waktu melakukannya sebelumnya, waktu break 5 menit Anda juga menjadi saat yang sama baiknya.

Diadaptasi dari artikel “20 Productive Ways to Use Your Free Time” oleh Leo Babauta (http://www.lifehack.org)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s